Skip to main content

Download Kitab Bulughul Maram Lengkap dengan Terjemahannya

Download Kitab Bulughul Maram Lengkap dengan Terjemahannya

www.hadits21.info - Kitab Bulughul Maram merupakan kitab populer di Masyarakat Indonesia selain kitab Riyadus Shalihin. Di Indonesia kitab bulughul maram sering digunakan oleh santri pondok pesntren di seluruh Indonesia. Oleh karena itu sampai saat ini kitab ini sering dipakai sebagai rujukan, dan dengan itulah banyak ebook dari kitab tersebut. Mulai dari ebook pdf, ebook chtml, ebook digital bahkan saat ini smartfon Android pun sudah ada Kitab Bulughul Maramnya, Anda tinggal cari di google playstore.

Namun tidaklah enak jika kita hanya mempunyai Kitab Bulughul Maram di Handphone Andorid saja, perlu juga kita mempunyai kitab tersebut di dekstop layar komputer atau laptop, untuk itu hadits21.info akan menyajikan kitab Bulughul Maram buat anda semua. Sebelum mendownload Kitab Bulughul Maram baiknya membaca sekilas tentang pengarang kitab dan pembahasan isi kitab tersebut.

Pengarang dan Sekilas Tentang Kitab Bulughul Maram

Bulughul Maram atau Bulugh al-Maram min Adillat al-Ahkam, disusun oleh Al-Hafizh Ibnu Hajar Al-Asqalani (773 H – 852 H). Kitab Bulughul Maram ini merupakan kitab hadits tematik yang memuat hadits-hadits yang dijadikan sumber pengambilan hukum fikih (istinbath) oleh para ahli fikih. Kitab ini menjadi rujukan utama khususnya bagi fikih dari Mazhab Syafi’i. Kitab ini termasuk kitab fikih yang menerima pengakuan global dan juga banyak diterjemahkan di seluruh dunia.

Kitab Bulughul Maram memuat 1.371 buah hadits. Di setiap akhir hadits yang dimuat dalam Bulughul Maram, Ibnu Hajar menyebutkan siapa perawi hadits asalnya. Bulughul Maram memasukkan hadits-hadits yang berasal dari sumber-sumber utama seperti Sahih al-Bukhari, Sahih Muslim, Sunan Abu Dawud, Sunan at-Tirmidzi, Sunan an-Nasa’i, Sunan Ibnu Majah, dan Musnad Ahmad dan selainnya.

Kitab Bulughul Maram memiliki keutamaan yang istimewa karena seluruh hadits yang termuat di dalamnya kemudian menjadi pondasi landasan fikih dalam mazhab Syafi’i. Selain menyebutkan asal muasal hadits-hadits yang termuat di dalamnya, penyusun juga memasukkan perbandingan antara beberapa riwayat hadits lainnya yang datang dari jalur yang lain. Karena keistimewaannya ini, Bulughul Maram hingga kini tetap menjadi kitab rujukan hadits yang dipakai secara luas tanpa mempedulikan mazhab fikihnya.

Metode Penyusunan dan Sistematika Kitab Bulughul Maram

Metode yang digunakan oleh Ibnu Hajar dalam menyusun kitab ini ialah dengan metode tematis (maudhu’i) berdasarkan tema-tema fikih, mulai dari Bab Bersuci (Thaharah) sampai Bab Kompilasi (al-Jami’). Ia menyeleksi beberapa hadits dari kitab-kitab shahih, sunan, mu’jam, dan al-Jami yang berkaitan dengan hukum-hukum fiqih.

Terdiri dari 16 bab mulai dari Bab Bersuci (Kitab at-Thaharah) sampai Bab Kompilasi (Kitab al-Jami’), setiap bab terdiri dari beberapa sub-bab.
Memuat sebanyak 1596 buah hadits sahih, hasan, bahkan dha’if yang bertemakan fikih.
Memotong (ta’liq) rangkaian sanad, kecuali pada tingkat sahabat dan mukharrij.
Terkadang menyertakan jalur-jalur periwayatan hadits secara ringkas dan menyebutkan tambahan-tambahan redaksi dari riwayat lainnya dan menjelaskan statusnya.
Menjelaskan status hadits-hadits yang lemah (padanya ada kelemahan, sanadnya lemah… dsb.) atau dengan keterangan ulama, seperti “dilemahkan oleh Abu Hatim, dll.”.
Dalam hal penguat hadits, Ibnu Hajar menyertakan keterangan ringkas yang hanya mencantumkan sanad saja tanpa mengulang isi matan.

Ibnu Hajar menggunakan istilah tertentu dalam penyebutan yang mengeluarkan hadits (mukharrij), yakni:


  • Rowahu as-Sab’ah untuk hadits yang diriwayatkan oleh tujuh Imam dalam ilmu Hadits, yaitu Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Daud, Tirmidzy, Nasa’i dan Ibnu Majah
  • Rowahu as-Sittah untuk hadits yang diriwayatkan oleh tujuh Imam selain Ahmad
  • Rowahu al-Khamsah untuk hadits yang diriwayatkan oleh tujuh Imam selain Bukhari-Muslim
  • Rowahu al-Arba’ah untuk hadits yang diriwayatkan oleh tujuh Imam selain Ahmad, Bukhari dan Muslim
  • Rowahu ats-Tsalitsah untuk hadits yang diriwayatkan oleh tujuh Imam selain Ahmad, Bukhari, Muslim dan Ibnu Majah
  • Muttafaqun ‘alaih untuk hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari-Muslim

Syarah Kitab Bulughul Maram

Banyak ulama yang menyusun kitab penjelasan atas Kitab Bulughul Maram. Yang paling masyhur adalah Subulus Salam karya Muhammad bin Ismail al-Amir ash-Shan’ani. Kitab Subulus Salam sendiri merupakan ringkasan dari kitab Al-Badrut Tamam karya Al-Husain bin Muhammad al-Maghribi.

Di antara kitab syarh (tafsir, penjelas) Bulughul Maram yang lain adalah: Ibanatul Ahkam, karya Abu Abdullah bin Abdus Salam Allus. Tuhfatul Ayyam fii Fawaid Bulughil Maram, karya Samy bin Muhammad. Minhatul ‘Allam, karya Shalih Fauzan. Syarah Bulughil Maram, karya Athiyyah Muhammad Salim.

Download Kitab Bulughul Maram

Sudah membaca sekilas tentan Kitab Bulughul Maram?. jika sudah silakan download kitab tersebut pada link berikut. Semoga bermanfaat.

Bulughul Maram Bentuk Digital Click hereBulughul Maram Bentuk PDF Click here

Buka Diskusi
Tutup Diskusi