Skip to main content

Download Kitab Fathul Baari Lengkap Dengan Terjemahannya


www.hadits21.info - Kitab Fathul Baari sudah banyak beredar diseluruh dunia, khususnya di Indonesia Kitab tersebut banyak sekali diterjemahkan dengan harga yang beraneka ragam dan jumlah jilid yang beraneka ragam pula. Hadits.info kali ini akan share Kitab Fathul Baari secara gratis dan lengkap. Sebelum mendownload Kitab Fathul Baari lengkap dengan terjemahannya alangkah baiknya kita terlebih dahulu mengetahui seputar kitab tersebut.

Pengarang dan Pembahasan Isi Kitab Fathul Baari

Kitab Fathul Baari merupakan Kitab syarah Shahih Bukhari. Kitab Fathul Baari ini dikarang oleh Al-Imam Al-Hafidz Abi Fal Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Muhammad bin Hajar Al-Atsqolani Al-Misri –rohimahulloh– atau lebih dikenal dengan Imam Ibnu Hajar Al-Atsqolani –rohimahulloh– (852 H)

Kitab fathul Bari ini adalah kitab Syarah/penjelas Shahih Bukhori yang paling baik dan lengkap. Buku ini begitu fenomenal sekaligus prestisius, menggambarkan betapa brilian penyusunnya. Buku ini sangat bermanfaat bagi umat Islam bukan saja karena isinya yang sukup komprehensif tetapi karena kepandaian pengarang dalam mengupas kandungan suatu hadits.

Di dalam kitab ini, Ibnu Hajar –rohimahulloh– menjelaskan masalah lughuh/bahasa dan i’rob, dan menguraikan masalah-masalah penting yang tidak ditemukan dalam kitab lainnya, juga menjelaskan dari sisi balaghah dan sastranya, mengambil hukum, serta memaparkan berbagai masalah yang diperdebatkan oleh para ulama, baik menyangkut fiqih maupun ushul fiqih secara terperinci tidak memihak.

Disamping itu, beliau –rohimahulloh– juga kumpulkan seluruh sanad hadits dan menelitinya. Fathul Bari memiliki muqodimah yang berjudul Haydus Saari, Muqodimah ini sangat tinggi nilainya, sebab ia merupakan kunci untuk memahami Shahih Al-Bukhori. Kitab ini selesai ditulis mulai tahun 817 -842 H, hampir selama dua puluh lima tahun. Al-Imam Muhammad bin Ali As San’ani Asy-Syaukani –rohimahulloh– ( w 1255 H) penulis Kitab Nailul Authar ,pernah menulis kitab untuk mensyarah Shahih Bukhori, dan beliau sangat mengagumi Imam Ibnu Hajar –rohimahulloh-, kemudian beliaupun mengutip sebuah hadits:’ La Hijrah ba’dal fathi” (Tidak ada Hijrah setelah penaklukan makkah), beliau menggunakan hadits ini sebagai ungkapan bahwa tidak ada kitab Syarah Shahih Bukhori yang melebihi fathul Bari ini

Keistemewaan Kitab Fathul Baari

Di antara keistimewaan kitab Fat-hul Baari adalah sebagai berikut:

Matan kitab ini, yaitu Shahiihul Bukhari, telah diterima oleh semua kalangan umat Islam. Kitab ini mendapatkan sambutan paling positif dari semua kalangan umat Islam, terutama yang bermadzhab Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Lebih dari itu, mereka menyebutnya kitab yang paling shahih setelah al-Qur-anul . Sebagai kitab yang diterima oleh semua kalangan, bahkan diunggulkan daripada kitab-kitab hadits lain, tentu syarahnya sangat diperlukan untuk dapat memahami makna-makna yang terkandung di dalamnya secara benar dan mendalam. Dan syarah terbaik kitab Shahiihul Bukhari ini menurut hemat kami, serta yang paling masyhur dan dijadikan rujukan oleh kaum Muslimin di seluruh dunia, adalah kitab Fat-hul Baari. Di samping itu, sudah menjadi komitmen kami, Pustaka Imam asy-Syafi’i, sebagai penerbit penebar sunnah untuk menerbitkan kitab-kitab sunnah, lebih-lebih kitab Fat-hul Baari yang merupakan kitab rujukan utama umat Islam dalam bidang hadits karena isinya yang sangat berbobot dan banyak memberikan manfaat bagi mereka.

Fathul Baari adalah kitab hadits monumental

Dikatakan demikian karena kitab ini menggabungkan dua karya monumental dalam bidang hadits, berupa matan dan syarahnya. Yang pertama adalah Shahiihul Bukhari, yaitu kitab induknya; dan yang kedua adalah syarahnya, yaitu Fat-hul Baari itu sendiri. Fat-hul Baari tergolong kitab paling paripurna dalam syarah hadits sehingga segala hal berkaitan dengan syarah hadits hampir semuanya didapatkan di sini. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika para ulama mengatakan: “Laa hijrata ba’dal Fathi,” yang maknanya: Tidak perlu hijrah (beralih ke kitab lain) selama ada Fat-hul Baari. Para ulama setelahnya banyak mengutip perkataan Ibnu Hajar dalam penulisan kitab-kitab mereka dan menjadikannya sebagai rujukan ilmiah.

Penulisnya ulama yang ulung di bidangnya

Kitab Fat-hul Baari ini mempertemukan dua ulama ulung di bidang hadits nabawi, dan keilmuan keduanya telah diakui oleh semua kalangan umat Islam. Yang pertama adalah Imam al-Bukhari, yang digelari dengan Amirul Mukminin dalam bidang hadits; dan yang kedua adalah Imam Ibnu Hajar al-‘Asqalani, yang digelari al-Hafizh. Gelar al-hafizh bagi seorang ahli hadits hanya disematkan kepada yang mampu menghafal 100.000 hadits, baik sanad maupun matannya. Gelar ini diberikan kepada Ibnu Hajar oleh gurunya, al-Hafizh al-‘Iraqi, seorang syaikh (ulama besar) yang ahli dalam bidang hadits.

Selain itu, Ibnu Hajar termasuk penulis produktif dan hasil-hasil karyanya pun banyak diminati dan dikagumi oleh kaum Muslimin di seluruh dunia. Di antara karya-karya besar beliau adalah Fat-hul Baari: Syarh Shahiihil Bukhari, Buluughul Maraam min Adillatil Ahkaam, Tahdziibut Tahdziib, al-Ishaabah fii Tamyiizish Shahaabah, dan lain-lain.

Di samping itu, banyak ulama yang menyanjung kepakaran beliau. Al-Hafizh as-Sakhawi berkomentar: “Mengenai pujian ulama terhadap Ibnu Hajar, sudah tidak terhitung lagi banyaknya.” Al-‘Iraqi memberikan pujian: “Ibnu Hajar adalah seorang syaikh yang ‘alim (berilmu luas), sempurna pemahamannya, berakhlak mulia, muhaddits (ahli hadits), banyak memberikan manfaat kepada umat, sosok yang agung, al-Hafizh, sangat bertakwa, dhabith (kuat hafalannya), tsiqah (dapat dijadikan hujjah), amanah (dapat dipercaya), mampu membedakan antara perawi-perawi yang tsiqah (tepercaya) dan yang dha‘if (lemah), banyak menemui para ahli hadits, dan dapat menguasai banyak cabang ilmu dalam waktu yang relatif pendek.”

Fathul Baari Adalah kitab syarah hadits yang paling lengkap dan sempurna

Kitab syarah atau penjelasan kitab Shahiihul Bukhari ini tergolong kitab syarah yang paling sempurna karena kemampuannya dalam menyajikan dan menerangkan banyak hal. Mulai dari pembahasan masalah yang ditinjau dari ilmu bahasa: definisi masing-masing istilah secara lughawi (etimologi) dan syar’i (terminologi), perbandingan redaksi riwayat-riwayat, penjelasan kaidah ushul fiqih, pengungkapan keterangan ilmu hadits: sanad dan matannya, hingga pelajaran penting dan hikmah hadits nabawi; serta, pembahasan hal-hal yang terkait lainnya. Oleh karena itulah, kitab Fat-hul Baari ini sering kali dijadikan sebagai bahan rujukan atau sumber referensi oleh para penulis Muslim, khususnya terkait dengan makna-makna hadits yang tertulis dalam kitab Shahiihul Bukhari. Tidak ada yang mampu menandingi kitab syarah ini. Memang, ada kitab syarah Shahiihul Bukhari lain berjudul Umdatul Qaari’ yang ditulis oleh al-Badrul ‘Aini; setelah terbitnya kitab ini. Akan tetapi, ketenaran kitab syarah tersebut masih kalah jauh dibandingkan dengan kemasyhuran kitab Fathul Baari.

Download Kitab Fathul Baari

Sebelum mendownload, perlu diperhatikan jika dalam kitab tersebut ada tidak bisa dibuka maka install dahaulu aplikasi djvu yang ada didalam folder Kitab Fathul Baari. Yuk Silakan Download, Semoga bermanfaat.

Fathul Baari Click here

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar